Pengertian Teknologi dan Teknologi Tepat Guna

Pengertian Teknologi dan Teknologi Tepat Guna

teknologi

Pengertian Teknologi Secara bahasa teknologi berasal dari bhs Yunani yakni tekhnologia yang merupakan kombinasi dari “techne” dan “logos”. Tehcne bermakna art or skill sedangkan logos bermakna science of study. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, teknologi adalah seluruh fasilitas untuk sedia kan barang-barang yang dibutuhkan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Sementara itu, definisi teknologi menurut salah satu para ahli:

Harahap menyebutkan bahwa pemakaian kata teknologi terhadap dasarnya mengacu terhadap sebuah ilmu ilmu yang menyelidiki berkenaan situs slot gacor langkah kerja di didalam bidang teknik, dan juga mengacu pula terhadap ilmu ilmu yang digunakan didalam pabrik atau industry tertentu. Definisi ini pasti saja terlampau mengacu terhadap definisi praktis dari teknologi, yang banyak ditemukan terhadap pabrik-pabrik dan juga industry tertentu.

Teknologi Tepat Guna

Teknologi tepat fungsi adalah teknologi yang dirancang untuk seluruh penduduk tertentu agar mampu menyesuaikan bersama dengan aspek-aspek lingkungan, agama, kebudayaan, sosial, politik, dan ekonomi masyarakat. Dari tujuan ini teknologi tepat fungsi mesti menerapkan metode yang hemat sumber daya, ringan dirawat, dan berdampak polutif minimalis dibandingkan bersama dengan teknologi terhadap umumnya.

Ada lebih dari satu kriteria agar suatu teknologi mampu dikategorikan sebagai teknologi tepat guna. Antara lain adalah sebagai berikut:

• Teknologi berikut mampu digunakan oleh sumber-sumber yang ada di bermacam tempat.

• Teknologi yang diterapkan cocok dan cocok bersama dengan keadaan sosial ekonomi ang berlaku.

• Teknologi yang digunakan mampu memecahkan persoalan yang dihadapi masyarakat.

• Masyarakat mampu mempelajari, menerapkan, dan juga pelihara teknologi tepat fungsi tersebut.