Pengertian Teknologi Tepat Guna

Teknologi Tepat Guna: Pengertian hingga Syarat yang Melekat

Dalam masa teknologi moderen selagi ini, Teknologi Tepat Guna jadi salah satu rancangan yang tambah tenar dan penting untuk dikembangkan. Teknologi tersebut mengacu pada pengembangan teknologi yang berfokus pada kebutuhan penduduk di area atau yang punya keterbatasan didalam akses pada teknologi modern. Konsep ini mempunyai tujuan untuk menunjang tingkatkan kualitas hidup penduduk dan memperbaiki keadaan sosial-ekonomi di area tersebut. Dalam artikel ini, dapat dibahas lebih lanjut berkenaan Teknologi Tepat Guna beserta syarat dan manfaatnya.

Pengertian Teknologi Tepat Guna

Teknologi Tepat Guna adalah teknologi yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan basic manusia, layaknya air bersih, sanitasi, pangan, kesehatan, energi, dan pendidikan, bersama dengan cara yang sederhana, terjangkau, gampang diakses, dan mampu diimplementasikan secara independen oleh masyarakat. Teknologi ini dikembangkan bersama dengan mempertimbangkan keadaan lingkungan, budaya, dan sosial yang ada di lokasi yang jadi sasarannya.

Manfaat teknologi ini adalah untuk tingkatkan kualitas hidup penduduk di area terpencil atau penduduk yang tidak cukup mampu secara ekonomi, bersama dengan memberikan akses pada teknologi yang memadai untuk memenuhi kebutuhan basic mereka. Teknologi ini termasuk mampu menunjang mengurangi penggunaan sumber energi alam yang terlalu berlebih dan mengurangi efek negatif pada lingkungan.

Syarat Teknologi Tepat Guna

Ada lebih dari satu syarat yang wajib dipenuhi oleh suatu teknologi sehingga mampu dikategorikan sebagai Teknologi Tepat Guna. Syarat-syarat tersebut di antaranya adalah:

Teknologi Tepat Guna Slot777 Gacor wajib gampang diakses dan digunakan bagi penduduk yang membutuhkan
Teknologi Tepat Guna wajib punya cost mengolah dan pemasangan yang seefisien kemungkinan sehingga penduduk mampu membelinya bersama dengan harga terjangkau
Teknologi Tepat Guna wajib berkelanjutan, gampang dipelihara, dan mampu bertahan didalam jangka panjang
Teknologi Tepat Guna wajib efektif dan efektif didalam memenuhi kebutuhan basic masyarakat
Teknologi Tepat Guna wajib berbasis lokal dan mempertimbangkan keadaan lingkungan, budaya, dan sosial yang ada di lokasi yang jadi sasarannya
Dengan memenuhi kriteria tersebut, suatu teknologi mampu dikategorikan sebagai Teknologi Tepat Guna dan mampu menunjang tingkatkan kualitas hidup penduduk yang membutuhkannya. Contohnya pada lain yaitu laptop dan chromebook.

Manfaat Teknologi Tepat Guna Laptop

Laptop mampu digunakan sebagai salah satu bentuk Teknologi Tepat Guna, utamanya didalam bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi. Berikut ini adalah lebih dari satu fungsi Teknologi Tepat Guna Laptop:

1. Di bidang pendidikan
Laptop mampu digunakan sebagai alat bantu didalam pembelajaran, baik bagi siswa maupun guru. Dengan terdapatnya laptop, siswa mampu mengakses beraneka sumber belajar layaknya buku elektronik, video pembelajaran, dan materi pembelajaran online. Sedangkan bagi guru, laptop mampu jadi sarana untuk mengakses dan menyusun bahan atau materi ajar, serta menyusun lembar kerja dan penilaian siswa.

2. Di bidang kesehatan
Laptop mampu digunakan sebagai alat bantu untuk mendiagnosa pasien serta memilih penyembuhan yang sesuai bersama dengan penyakit pasien. Dengan terdapatnya laptop, tenaga medis mampu melakukan konsultasi jarak jauh bersama dengan dokter atau spesialis untuk beroleh diagnosa dan penyembuhan yang tepat. Selain itu, laptop termasuk mampu digunakan untuk mencatat rekam medis pasien.

3. Di bidang usaha dan produktivitas
Laptop mampu digunakan sebagai alat bantu didalam menjalankan usaha dan tingkatkan produktivitas kerja. Dengan terdapatnya laptop, penduduk mampu mengakses pasar online untuk menjajakan produk atau jasa mereka. Selain itu, laptop termasuk mampu digunakan sebagai sarana tingkatkan produktivitas kerja, lebih-lebih bagi para pekerja remote atau mobile.