Teknologi Tepat Guna – Definisi, Syarat dan Manfaatnya

Definisi Teknologi Tepat Guna


Menurut Impres No. 3 Tahun 2001, Teknologi pas kegunaan adalah teknologi yang sesuai bersama dengan kebutuhan masyarakat, mampu menjawab masalah masyarakat, tidak menyebabkan kerusakan lingkungan dan mampu dimanfaatkan oleh masyarakat secara mudah, dan juga membuahkan nilai jadi dari segi ekonomi dan segi lingkungan hidup.

Pada intinya, teknologi pas kegunaan adalah teknologi yang pas sasaran dan berfaedah bagi masyarakat. Yang dimaksud bersama dengan pas sasaran adalah teknologi selanjutnya udah sesuai untuk menjawab masalah yang ada di masyarakat. Sedangkat yang dimaksud bersama dengan berfaedah adalah teknologi selanjutnya mampu dimanfaatkan dan mampu menambahkan nilai jadi bagi kehidupan masyarakat.

Produk – produk yang juga di dalam kategori ‘teknologi pas guna’, tidak cuma sekedar teknologi baru yang tidak bermanfaat. Teknologi baru ini khusus diciptakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan teknologi tapi bersama dengan lebih gampang dan efisien.

Syarat-syarat Teknologi Tepat Guna:
Suatu alat mampu dikatakan sebagai teknologi pas kegunaan kecuali miliki 4 persyaratan yang mampu dijadikan acuan. Berikut penjelasannya

Teknologi yang diciptakan kudu dibikin dan diciptakan bersama dengan sumber energi yang udah ada di lingkungan tersebut
Teknologi yang dibikin sesuai, sesuai dan mampu diterima oleh masyarakat sesuai nilai nilai yang berlaku
Teknologi yang dibikin mampu memecahkan masalah yang dihadapi oleh masyarakat di lingkungan tersebut
Masyarakat mampu mempelajari, mengoperasikan dan pelihara alat teknologi pas kegunaan tersebut.
Manfaat Teknologi Tepat Guna

1. Traktor

Contoh teknologi Tepat Guna adalah traktor. Teknologi ini sangat pas kecuali digunakan dan dikembangkan di area pedesaan, terutama didaerah yang mayoritas masyarakatnya mengandalkan hasil bertani atau berkebun.

Dengan mengfungsikan Slot777 Gacor teknologi traktor, para petani tidak kudu ulang mengfungsikan tenaga hewan ternak seperti kerbau untuk membajak sawah, atau tenaga petani itu sendiri untuk mencangkul. Jadi selain lebih efisien dan efisien, tentu saja pemakaian traktor ini juga menguntungkan.

2. Pompa Hydraulic Ram

Pompa Hydraulic Ram merupakan salah satu teknologi pas kegunaan yang selagi ini banyak dikembangkan di pedesaan bersama dengan memanfatkan air. Teknologi pompa ini mampu ditemui di beberapa kawasan pegunungan atau pedesaan yang miliki tekstur tanah berbukit. Contohnya area Puncak, Jawa Barat.
Pompa ini bekerja sebagai transformator air hidrolik, di mana ketika air masuk ke anggota di dalam pompa yang miliki anggota ‘Hydraulic Head’ dan jumlah debit tertentu, maka air yang dihasilkan akan lebih tinggi bersama dengan debit yang cenderung lebih kecil.

Teknologi ini juga merupakan teknologi yang cukup ramah lingkungan gara-gara tidak mengfungsikan minyak ataupun gas sebagai bahan bakarnya.

3. Mesin Penebar Pupuk

Masyarakat di pedesaan udah makin lama paham akan faedah teknologi. Namun sayangnya belum seluruh warga pedesaan di Indonesia miliki kesadaran yang sama.Terbukti bersama dengan ditemukannya salah satu Teknologi Tepat Guna yang udah banyak dimanfaatkan ini, yakni mesin penebar pupuk. Mesin ini akan memudahkan petani untuk menabur pupuk bersama dengan lebih cepat dan merata.

4. Pompa Air Menggunakan Tenaga Sepeda

Pompa air yang mengfungsikan tenaga sepeda pompa ini merupakan penemuan dari seorang insinyur Inggris bernama John Leary. Pada awalnya, teknologi pompa air ini digunakan untuk irigasi dan juga distribusi air di area Guatemala.

Berbeda bersama dengan pompa air yang kebanyakan mengfungsikan mesin diesel atau tenaga listrik, teknologi yang satu ini cuma mengfungsikan tenaga manusia.