Bukti Peradaban yang Bikin Generasi Sekarang Tercengang

Bukti Peradaban yang Bikin Generasi Sekarang Tercengang

teknologi

Berikut ini teknologi zaman dulu, bukti peradaban yang bikin generasi saat ini terkesima seperti dihimpun berasal dari beraneka sumber, Kamis (19/8).

1. Baterai Versi Kuno berasal dari Bagdad

Sebuah penemuan teknologi zaman pernah yang kontroversial pertama, ialah baterai versi kuno yang ditemukan di Bagdad, Irak. Baterai Bagdad ini dikenal juga sebagai Baterai Parthia.

Dilansir berasal dari Interesting Engineering, baterai Bagdad merupakan artefak kuno berusia lebih berasal dari 2.000 tahun. Baterai versi kuno ini ditemukan tahun 1983 oleh seorang arkeolog Jerman di Khujut Rabu, Bagdad.

Baterai ini terbuat berasal dari toples tanah liat. Di dalamnya terdapat silinder tembaga dan batang besi. Kemudian tuangkanasam lemah ke didalam toples, seperti cuka atau apalagi jus anggur.

Kombinasi selanjutnya akan membuat “baterai” menghasilkan kira-kira 1 volt listrik. Meski belum diketahui secara pasti, mengapa teknologi zaman pernah ini dibutuhkan. Faktanya, hingga selagi ini para arkeolog cuma menemukan satu baterai.

2. Telegraf Cikal Bakal Telepon

Sebelum terdapatnya perangkat telepon, orang zaman pernah slot777 gacor memakai surat dan burung sebagai pengantar pesan. Hingga peradaban manusia di tahun 1837, seorang bernama Samuel Finley Breese Morse menciptakan alat untuk mengirimkan pesan berasal dari jarak jauh.

Penemuan bernama telegraf ini memakai Sandi Morse sebagai pengganti kata-kata. Akhirnya dijadikan sebagai sarana komunikasi jarak jauh masa 1800an hingga 1900an.

Selama peradaban manusia, telegraf ini berkembang kian canggih. Dari yang awalnya cuma digunakan dengan jarak maksimal sebagian kilometer saja. Kemudian pengembangannya dengan memakai peralatan rilai dan stasiun ‘transit’, agar jaraknya lebih jauh lagi.

3. Mekanisme Antikythera: Ide Komputer Analog

Teknologi zaman pernah yang tak kalah mencengangkan ialah pertama kali ditemukannya mekanisme Antikythera. Penemuan kuno ini ditemukan kira-kira tahun 1901 di pulau kecil Yunani. Tepatnya tertimbun reruntuhan yang tenggelam.

Di reruntuhan itu, para penyelam menemukan artefak yang diawetkan dengan indah berusia hampir 2.200 tahun. Awalnya menyangka sebagai batu dengan tambalan jamur.

Namun usai di check lebih lanjut, nampak roda gigi yang berguna di sebagian titik, serta potongan-potongan yang menyerupai jam tua.

Para peneliti menyebut perangkat itu sebagai bagian berasal dari ide komputer analog kuno. Berspekulasi bahwa mekanisme Antikythera dibawa selama bepergian.