Snapdragon X Plus Resmi Meluncur, Chipset Baru Qualcomm untuk PC

Jakarta – Qualcomm mengumumkan figur terbaru dari lini Snapdragon X Series yang ditujukan untuk perangkat komputer jinjing. Kali ini, perusahaan tersebut meluncurkan Snapdragon X Plus.

Menurut Qualcomm, Snapdragon X Plus dilengkapi dengan CPU Qualcomm Oryon yang memberikan performa CPU hingga 37 persen lebih baik, melainkan dengan konsumsi kekuatan 54 persen lebih efisien dibandingkan pesaingnya.

Selain itu, chipset ini juga disebut dirancang untuk memenuhi operasional aplikasi berbasis AI on-device dengan Qualcomm Hexagon NPU yang sanggup menempuh 45 TOPS. Diklaim Qualcomm, kemampuan ini menjadikannya NPU tercepat di dunia untuk komputer jinjing.

“Snapdragon X Plus akan menunjang PC AI-Supercharged, yang slot depo 10k memungkinkan lebih banyak pengguna menempuh tujuan komputasinya seiring pesatnya perkembangan dan penggunaan AI yang kian revolusioner,” tutur SVP and GM Compute and Gaming Qualcomm Technologies Kedar Kondap dalam keterangan legal yang diterima, Jumat (26/4/2024).

Bersama dengan peluncuran ini, Qualcomm juga menyampaikan serangkaian aplikasi dan fitur baru yang dioptimalkan AI dengan berjalan di 45 TOPS NPU. Salah satunya yakni pembuatan kode dalam Visual Studio Code dari Codegen untuk membantu programmer menciptakan kode baru secara instan.

Selain itu, fitur lainnya yakni kemampuan membikin musik di Audacity dengan menggunakan Riffusion AI secara on-device. Jadi, chipset ini menunjang pembuatan musik baru dari prompt atau musik yang telah ada sebelumnya.

Terakhir, ada pula subtitle lantas di OBS Studio. Diterangkan, kesanggupannya sanggup menerjemahkan secara otomatis 100 bahasa verbal ke dalam rangkaian kata dalam 100 bahasa berbeda menggunakan Whisper di perangkat.

Rencananya, sejumlah brand akan mulai meluncurkan perangkat yang menggunakan Snapdragon X Plus pada pertengahan 2024. Tak jauh berbeda, perangkat yang menggunakan Snapdragon X Elite juga akan dikenalkan di jangka waktu yang sama.