sejarah awal asus dalam dunia komputer

Sejarah Dan Perkembangan Teknologi Asus Dalam Dunia Komputer Hingga Kini

Asus, yang juga dikenal sebagai ASUSTeK Computer Inc., adalah salah satu perusahaan teknologi terkemuka yang berbasis di Taiwan. Berikut adalah rangkuman sejarah dan perkembangan Asus dari awal hingga saat ini dalam dunia komputer:

Awal Mula dan Pendirian

  1. Tahun 1989: Pendirian Asus

    • Asus didirikan pada 2 April 1989 oleh empat mantan insinyur di perusahaan Acer, yaitu Ted Hsu, Wayne Hsieh, T.H. Tung, dan M.T. Liao. Nama “Asus” diambil dari Pegasus, makhluk mitologi yang mewakili kebijaksanaan dan kebangsaan Yunani.

Perkembangan Awal

  1. Tahun 1990: Motherboard dan Awal Peran Asus

    • Asus memulai perjalanannya dengan memproduksi motherboard, dan segera menjadi salah satu produsen motherboard terkemuka di dunia.
  2. Tahun 1992: Menjadi Pemasok Komponen untuk HP

    • Asus berhasil mendapatkan kontrak untuk menyediakan motherboard untuk Hewlett-Packard (HP), yang menjadi salah satu peluang besar bagi pertumbuhan perusahaan.

Era 2000-an

  1. Tahun 2003: Penyedia Komputer Portabel

    • Asus mulai memproduksi laptop dan notebook. Seri Eee PC yang diluncurkan pada tahun 2007 menjadi sangat populer danĀ https://www.tetrisgratis.com/ membantu memopulerkan netbook.
  2. Tahun 2006: Seri Republic of Gamers (ROG)

    • Asus meluncurkan seri ROG, yang fokus pada produk-produk gaming tingkat tinggi seperti motherboard, kartu grafis, dan laptop.

Inovasi dan Pencapaian Terkini

  1. Tahun 2013: ZenFone dan Diversifikasi Produk

    • Asus memasuki pasar smartphone dengan peluncuran ZenFone, yang mendapat sambutan positif di berbagai pasar.
  2. Tahun 2015: Peluncuran Produk VR

  3. Tahun 2018: Ekspansi di Bidang AI dan IoT

    • Asus mengalokasikan sumber daya untuk pengembangan produk di bidang kecerdasan buatan (AI) dan Internet of Things (IoT), menciptakan produk-produk cerdas untuk rumah.
  4. Tahun 2020: Kemitraan dengan AMD

    • Asus terus memperkuat kemitraannya dengan AMD dan meluncurkan serangkaian motherboard dan kartu grafis yang mendukung prosesor AMD terbaru.

Ekspansi Global dan Pengakuan

  1. Perusahaan Terbuka dan Masuk dalam Daftar Fortune Global 500

    • Asus menjadi perusahaan publik pada tahun 1997. Pada tahun 2008, Asus masuk dalam daftar Fortune Global 500. Aura Sync adalah teknologi pencahayaan RGB yang memungkinkan pengguna untuk menyinkronkan dan mengatur pencahayaan RGB pada motherboard, kartu grafis, keyboard, mouse, dan berbagai aksesori Asus lainnya. Ini memberikan pengguna kontrol penuh atas pencahayaan dalam build PC mereka
  2. Kemitraan dan Prestasi di Industri Komputer

    • Asus terus menjalin kemitraan dengan berbagai merek dan terlibat dalam pengembangan teknologi terkini seperti penggunaan chipset terbaru, pencahayaan RGB, dan inovasi lainnya.

Asus terus menjadi pemain utama dalam industri perangkat keras komputer, mencakup motherboard, kartu grafis, laptop, smartphone, dan berbagai produk lainnya. Inovasinya di berbagai segmen produk dan keberhasilannya di pasar global telah menjadikan Asus sebagai merek yang dikenal dan dipercayai di dunia komputer.

Baca Juga : Perkembangan Dan Sejarah Teknologi Pada Radio Dari Awal Hingga Kini

Perusahaan Asus terus mengembangkan dan menerapkan berbagai teknologi canggih dalam berbagai produknya di bidang komputer. Adalah beberapa teknologi terkini yang umumnya dijumpai dalam produk Asus.