Kejagung Periksa Pihak AGRI sampai Direktur Swasta Berkaitan Kasus Korupsi Impor Gula

Kejaksaan Agung (Kejagung) kembali melaksanakan rangkaian pemeriksaan terhadap sejumlah pihak berhubungan kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam aktivitas importasi gula di Kementerian Perdagangan (Kemendag) tahun 2015 sampai dengan tahun 2023 atau kasus korupsi impor gula.

Pemeriksaan saksi dikerjakan untuk memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan dalam perkara dimaksud,” tutur Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana dalam keterangannya, Kamis (16/5/2024).

Berdasarkan Ketut, pemeriksaan pada Rabu, 15 Mei 2024 dikerjakan terhadap SSY selaku Direktur PT Gerbang Sinar Utama. Sementara pada Selasa, 14 Mei 2024, penyidik mengambil keterangan dari TSC selaku Direktur PT Jujur Sentosa, ETK selaku Direktur PT Saudara Kusuma Era Sejahtera, dan AR selaku Komponen Keuangan pada Asosiasi Gula Rafinasi Indonesia (AGRI).

Para saksi yang diperiksa berhubungan penyidikan perkara dugaan tindak pidana korupsi dalam aktivitas importasi gula di Kemendag tahun 2015 sampai dengan tahun 2023,” kata Ketut.

Sebelumnya, Kejaksaan Agung (Kejagung) resmi menaikkan https://www.madaboutrh.com/ kasus dugaan korupsi impor gula di lingkungan Kementerian Perdagangan (Kemendag) periode 2015-2023 dari penyelidikan ke penyidikan. Penyidik bahkan saat ini tengah melaksanakan penggeledahan di Kemendag.

“Perbuatan hal yang demikian antara lain diduga dalam rangka pemenuhan stok gula nasional dan stabilisasi harga gula nasional, Kemendag diduga telah secara melawan aturan menerbitkan persetujuan impor gula kristal mentah, yang dimaksudkan diolah menjadi gula kristal putih terhadap pihak-pihak yang tidak berwenang,” tutur Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung Kuntadi di Kejagung, Jakarta Selatan, Selasa (3/10/2023).

“Selain itu, Kemendag juga diduga telah memberikan izin impor yang melebih batas keperluan batas optimal yang diperlukan,” sambungnya.

Bakal Panggil Mendag?
Kuntadi belum merinci kerugian negara yang ditaksir dari kasus korupsi impor garam Kemendag. Pihaknya bahkan masih berkoordinasi untuk melaksanakan perhitungan secara menyeluruh.

“Berkaitan tindakan penyidikan pada hari ini sedang berjalan aktivitas penggeledahan di Kementerian Perdagangan dan PT PPI, akhirnya apa mari kita tunggu,” terang ia.

Adapun tentang pemanggilan pemeriksaan terhadap Menteri Perdagangan sampai mantan Mendag bahkan akan dikerjakan menyesuaikan dengan keperluan penyidikan.

Ini pelaksanaan baru berjalan, masalah siapa yang akan dipanggil kami akan memperhatikan urgensinya, kita lihat saja ya nanti, belum dapat sampaikan di sini,” Kuntadi menandaskan