Canalys: Pasar Smartphone Global Tumbuh 2 Digit

Sesudah 2,5 tahun terakhir lesu, pasar hand phone global akibatnya menunjukkan pertumbuhan terbaiknya pada kuartal I-2024, dengan angka pertumbuhan hingga dua digit.

Pada periode ini, Samsung berhasil menguasai pasar HP global, mengungguli Apple, Xiaomi, Transsion (induk iTel, Infinix, Tecno), Oppo, dan vendor lainnya. Hal ini terbongkar dalam laporan terbaru firma riset pasar Canalys.

Laporan Canalys menunjukkan, pasar hand phone global tumbuh 10 persen dibandingi periode yang sama tahun lalu (year-on-year/YoY). Adapun volume pengiriman (shipment) hand phone selama tiga bulan pertama 2024 ini mencapai 296,2 juta.

Pertumbuhan dua digit ini, kata Canalys, adalah yang terbaik dalam 10 kuartal (2,5 tahun) terakhir. Pasar hand phone global terakhiri kali tercatat menorehkan pertumbuhan positif dua digit sebesar 11 persen, adalah pada kuartal II-2021 atau tepat sebelum pandemi Covid-19 merebak di dunia.

Sejak itu, pasar HP dunia anjlok dan agen sbobet cenderung mengalami penurunan pertumbuhan hingga paling besar 18 persen (kuartal IV-2022).

Sesudah anjlok 18 persen, pasar hand phone global mulai bangkit, namun belum bisa mencapai pertumbuhan dua digit seperti periode sebelum Covid-19.

Nah, baru pada kuartal I-2024 ini, pasar HP dunia kembali mencetak pertumbuhan dua digit. Kerja pasar HP global yang baik ini, kata Canalys, dipicu oleh penyegaran portofolio HP dari vendor dan stabilisasi makroekonomi di sebagian pasar negara berkembang.

Samsung nomor satu berkat Samsung S24

Samsung kembali memimpin pasar hand phone global, dengan mengirimkan 60 juta unit hand phone Galaxy dan menguasai 20 persen pangsa pasar (market share).

Kerja Samsung yang baik ini ditunjang oleh peluncuran hand phone Galaxy A-series baru dan perilisan hand phone premium Galaxy S-series yang lebih awal.

Trio Samsung S24, S24 Plus, dan S24 Ultra hadir sebulan lebih awal dibandingi Galaxy S23 series.