Aliran Musik Terpopuler di Indonesia

Sebagai negara dengan bermacam budaya membikin bermacam jenis aliran musik menjamur di alat pendengar masyarakat kita pantas seleranya masing-masing. Namun dari banyaknya aliran musik yang ada, berikut aliran musik yang paling populer di Indonesia.

1.Dangdut

Dangdut is Music of My Country, seperti kata Project Pop dalam nyanyiannya, dangdut memang aliran musik yang berasal dari Indonesia. Dangdut malahan menjadi satu slot spaceman mata kuliah tersendiri di Pittsburgh University, Amerika Serikat dimana penyanyi dangdut Ikke Nurjanah pernah dimintai mengisi mata kuliah disana.

Banyaknya penyanyi muda yang bermunculan seperti Lesty, Melalui Valeen dan Nella Kharisma membikin pamor lagu dangdut saat ini banyak dimintai semua kalangan, secara khusus si kecil muda.

2.Pop

Sama seperti dangdut, aliran musik pop juga banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Sedangkan global, musik pop mencapai puncak tren seiring semakin terkenalnya Michael Jackson, The King of Pop dunia.

Kecuali di Indonesia, grub beraliran pop banyak digandrungi semenjak kemunculan Koes Ploes di tahun 60-70an. Baru kemudian timbul sebagian band pop seperi Ada Band, Peterpan, Ungu, dsb.

3.Reggae

Reggae menjadi aliran musik yang juga cukup banyak digemari khsususnya para remaja Indonesia. Salah satu tokoh musik Reggae Indonesia yakni Tony Q Rastafara yang memadukan musik reggae dengan musik tradisional dan dia lah yang mempopulerkan istilah “Rambut Gimbal” di Indonesia.

Sebagian Tony ada juga Ras Muhamad pernah berkolaborasi antara musisi dalam negeri dan luar negeri. Pengukuran lainnya seperti Steven & Coconut Treez, Shaggydog dan Souljah.

4.Keroncong

Musik keroncong pada mulanya berasal dari Portugis yang kemudian dimaksimalkan oleh masyarakat pesisir Tanjung Priok, Jakarta. Ciri khasnya yakni memakai alat musik sejenis ukulele, biasanya diiringi dengan flute dan seorang penyanyi wanita.

Gesang Martohartono yakni salah satu tokoh musik keroncong sepanjang masa yang diketahui dengan lagu berjudul Bengawan Solo.

5.Punk

Aliran musik ini timbul pertama kali di London, Inggris. Berbeda dengan aliran musik lainnya, punk lebih mengutamakan pelampiasan kekuatan dibanding aspek teknis bermain musik.

punk dalam memandang suatu problem bisa diamati via lirik-lirik nyanyiannya yang bercerita perihal problem politik, lingkungan hidup, ekonomi, ideologi, sosial dan malahan problem agama. Di Indonesia, Superman is Dead (SID) yakni band punk yang banyak digandrungi si kecil muda.